Senin, 18 Januari 2016

Faktor Memancing di Laut Yang Harus Diketahui



    Memancing ikan air laut pada zaman ini dapat dilakukan dengan cara mulai dari pinggir laut, tengah laut dan permukaan laut. Selain itu memancing ikan air laut dapat dilakukan pada siang hari (dari pagi hingga petang) dan juga malam hari. Namun memancing di laut selalu tergantung juga dengan keadaan cuaca dan alam di sekitarnya.

    Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi hasil tangkapan :
A Faktor Cuaca di atas permukaan laut
1. Matahari dan Bulan


Waktu memancing yang baik adalah saat menjelang subuh atau pagi, dikarenakan secara biologis ikan baru terbangun dari tidurnya dan mencari makan. Diteruskan hingga siang hari saat matahari bersinar tanpa adanya mendung. Sedangkan dimalam hari waktu yang baik adalah saat tidak ada bulan atau dengan kata lain saat tidak ada sinar. Karena air laut mengandung garam maka jika terkena sinar bulan akan menyebabkan senar pancing yang ada didalam laut akan terlihat seperti menyala. Namun untuk memancing udang atau cumi-cumi justru dilakukan saat ada sinar bulan karena hewan-hewan tersebut sangat tertarik dengan cahaya.

2. Angin, Awan dan Ombak
Yang harus dipahami adalah angin, angin mempengaruhi ada tidaknya awan. Tiupan angin mempengaruhi juga besar kecilnya ombak, di saat ombak besar ikan-ikan kecil akan berenang menuju ke tengah teluk dan mengakibatkan ikan yang lebih besar ketengah teluk juga untuk mencari mangsa.
Disaat musim hujan, ikan laut cenderung berenang menuju ke tempat yang lebih dalam bahkan ke dasar laut. Karena disaat itu kadar garam air laut berkurang yang disebabkan oleh air hujan dan ditambah oleh aliran muara sungai.

B. Faktor Cuaca didalam air laut



1. Kejernihan air laut
Yang perlu diketahui adalah apabila keadaan air laut keruh dan banyaknya sampah dapat mengakibatkan ikan berkurang. Namun keadaan laut juga dipengaruhi oleh sinar matahari yang redup atau terhalang oleh mendung, hal ini dapat menyebabkan air laut terlihat keruh. Saat yang baik untuk memancing adalah ketika keadaan laut sekitarnya bening, matahari bersinar terik.
2. Arus air laut
Ingat ! arus air tidak dipengaruhi oleh angin. Arus yang kencang akan membuat umpan melayang dan ikan tidak akan tertarik untuk memakannya, begitu pula yang terjadi jika saat arus mati umpan akan jatuh ke dasar. Nah saat yang baik adalah arus sedang karena umpan akan melayang-layang seperti hidup sehingga ikan akan tertarik. Untuk mengetahui arus kencang dapat dilihat dari miringnya senar pancing saat mata kail menyentuh dasar laut. Perlu diketahui bahwa arus air laut bergerak dari suhu dingin menuju ke suhu yang lebih panas, di daerah pertemuan kedua arus inilah ikan banyak berkumpul.
3. Suhu air laut
Suhu air yang terlalu panas akan mengakibatkan ikan berenang ke tengah laut untuk mencari tempat yang lebih dingin ,sedangkan jika suhu air terlalu dingin mengakibatkan nafsu makan ikan berkurang dan ikan kurang agresif. Jadi suhu air laut yang baik untuk memancing  bekisa antara 26-35 derajat celcius.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Faktor Memancing di Laut Yang Harus Diketahui

2 komentar:

  1. terimakasih kak infonya sangat menarik.


    http://bit.ly/2OAKus7

    BalasHapus
  2. Thanks for info jangan lupa kunjungi website resmi kami https://bit.ly/2NqTvIl

    BalasHapus